Rabu, 18 April 2012

Batik Tulis


Batik Tulis adalah salah satu jenis produksi batik yang teknis pembuatan motifnya langsung dilukis secara manual dengan sentuhan seni yang sangat tinggi.
untuk melukisnya,menggunakan alat seperti pena atau yang biasa disebut canting,alat yang  terbuat dari tembaga yang berfungsi seperti pena dengan gagang dari bambu. Ujung dari canting (mata pena)atau biasa disebut cucuk, mempunyai lubang yang bervariasi,sesuai dengan kebutuhan saat melukis, sehingga bisa menentukan besar kecilnya motif. Sedangkan bak penampung canting disebut sebagai nyamplung. Nyamplung ini bisa berisi cairan lilin atau (pewarna pada tekhnik batik colet), tergantung dari teknik batik yang akan digunakan.


                                        aktivitas membatik , batik tulis


Proses pembuatan Batik Tulis lilin
Teknik batik tulis ialah dengan menorehkan cairan lilin melalui canting tulis (pena). Proses pembuatan batik tulis sebenarnya mirip seperti batik cap. Perbedaanya ada pada  motif. Jika pada batik cap motifnya sangat monoton dengan motif sama dan berulang , maka batik tulis motifnya bisa sedikit bercerita seperti visualisasi suatu peristiwa. Cara pembuatan batik tulis sama dengan melukis. Ambil cairan lilin yang ada di nyamplung dgn canting(seperti menciduk). Kemudian cucuk canting harus ditiup agar berlubang, sehingga  membran cairan terbuka. Fungsikan canting seperti pena sesuai motif yang telah digambar sebelumnya dengan pensil. selanjutnya lakukan  proses pewarnaan seperti proses pewarnaan pada batik cap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar